10 Kriteria Muslim Yang Baik

1. Memurnikan Akhidah Kita.
Tiada Tuhan selain Allah yang kita sembah dan hanya kepadanya kita memohon pertolongan. Di dalam surat Al – Ikhlas tertera jelas akan makna.

2. Benar Ibadahnya
Terimalah amalan/ibadah kita oleh Allah jika kita lakukan dengan benar.
Contoh Ibadah yang salah : Sholat dengan bahasa Indonesia, Zakat, Infak, Shadaqah memakai uang keuntungan judi, dan masih banyak lagi

3. Akhlak yang kokoh
Senjata pemuda adalah “Akhlak yang baik”. Rasulullah, sebelum turun wahyu. Beliau memang sudah dikenal Amanah, Jujur, dan akhlak yang baik lainnya. Ketika suatu wahyu turun lalu disampaikan oleh orang yang amanah, orang yang jujur pula perkataannya. Maka pada saat itu orang – orang kafir banyak yang masuk Islam karena yakin apa yang dikatakan Rasullulah adalah perkataan yang benar.

4. Jasmaninya Kuat
Seorang pemuda harus sehat tak hanya rohaninya. Tapi Jasmani adalah suatu yang sangat penting dalam melaksanakan ibadah. Shalat, membutuhkan jasmani yang kuat lagi sehat. Zakat, bagaimana kita bisa zakat jika kita tak mampu, lalu bagaimana supaya kita mampu/memperoleh penghasilan. Butuh usaha/kerja, disinilah kita juga butuh jasmani. Semua ibadah membutuhkan jasmani yang kuat.

5. Intelek dalam berfikir
Pemuda Islam, harus dapat berfikir cerdas. Tak hanya menguasai wawasan yang dangkal. Ilmu Agama, Ilmu Umum, Tehnologi, Berita terkini, pemuda Islam harus dapat mengetahuinya. Yang harus sesuai dengan ketentuan Islam juga.

6. Bersungguh – sungguh
Pemuda Islam, dalam apapun harus bersungguh – sungguh. Sudah saatnya untuk tidak bermain suatu hal yang kurang manfaatnya. Kokoh dalam menjalankan panji Islam.

7. Pandai menjaga waktu.
Pemuda Islam, dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Mengatur waktu untuk suatu hal yang berguna, ibadah, hiburan juga harus yang bermanfaat, Istirahat, dan lainya.

8. Teratur dalam segala urusan
Harus teratur. Melaksanakan kehidupan, beribadah, dan lainnya.

9. Bisa Mandiri
Jangan tergantung oleh orang lain. Pemuda Islam harus bisa mengatasi suatu permasalahan dengan kemampuan dirinya terlebih dahulu sebelum meminta bantuan orang lain.

10. Bermanfaat bagi orang lain
Pemuda harus dapat bermanfaat bagi orang lain. Dapat membawa orang lain ke arah yang lebih baik, Mengajarkan Ilmu, Saling membantu dalam segala urusan yang baik, dan masih banyak lainnya.

Kesalahan dari kami pribadi, Kesempurnaan milik Allah.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Selalu mengambil pelajaran dari segala sesuatu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: